Dampingi Nelayan Karangantu Serang Pilah Sampah : KKP Gandeng Bank Sampah Digital

kegiatan pilah sampah gerakan nasional bulan cinta laut, karangantu, serang

Mendukung program Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) di Kota Serang, Bank Sampah Digital (BSD) secara resmi diminta untuk menjadi lembaga pengelola sampah ekonomis yang mendampingi para nelayan memilah sampah pesisir dan laut di daerah Karangantu, Kp Karangmulya Kec Kasemen.

Kegiatan ini melibatkan 95 nelayan yang ter verifikasi dan terdaftar sebagai anggota Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA). Lewat aksi ini, KKP mendorong para nelayan di seluruh Indonesia untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan laut. Nelayan nantinya diminta untuk membawa pulang sampah-sampah anorganik yang ditemukan selama melaut.

Sampah-sampah yang sudah dibersihkan kemudian dipilah sesuai kriteria jenis sampah plastik, dan dibawa ke titik transit penimbangan dan pencatatan (waste station) terdekat. Sampah terpilah bernilai ekonomis akan di timbang oleh BSD dan kemudian masuk kedalam tabungan sampah para nelayan.

Penimbangan perdana program Gernas BCL ini dilaksanakan pada Sabtu, (8/9) dengan jumlah nelayan yang berpartisipasi menabung mencapai 33 orang. Total sampah terpilah mencapai 679,5 kg dengan total transaksi mencapai Rp 567.700. Adapun jenis sampah secara spesifik dengan rincian 155,5 kg plastic , 195 Kertas, 28,5 besi, dan beling mencapai 300,5 kg.

Rangkaian Gernas BCL dilaksanakanmulai tanggal 1 Oktober hingga 31 Oktober 2022 secara serentak di 14 lokasi di seluruh wilayah pesisir dan laut Indonesia. Adapun ke-14 lokasi tersebut adalah Banda Aceh, Medan, Padang, Tanjung Pinang, Serang, Cilacap, Cirebon, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Kendari, Sorong, dan Merauke. Aksi Bulan Cinta Laut ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada puncak acara Kick Off Bulan Cinta Laut tanggal 27 Oktober 2022 di Bali.

Meskipun Gernas BCL berakhir hingga akhir Oktober, nelayan akan tetap menimbang sampah terpilah hasil tangkapan dari laut dan didampingi oleh tim BSD. BSD akan terus berkomitmen mendampingi para nelayan Karangantu dalam meminimalisasi sampah yang bocor kelaut. (red)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *