Tandatangani MoU : Bank Sampah Digital dan PT Indah Kiat Mantap Kerjasama

Bank Sampah Digital (BSD) tandatangani nota kesepahaman terkait pemenuhan bahan baku Kertas Daur Ulang (KDU) dengan  PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Sinarmas, Rabu, (30/11). Selain pemenuhan KDU langsung ke industri, kesempatan peningkatan kapasistas kelembagaan Bank Sampah  menjadi salah satu poin penting dalam Kerjasama ini.

kertas daur ulang dari bsd untuk pt indah kita

IKPP sebagai salah satu pabrik kertas terbesar di Indonesia yang berdomisili di Kragilan Kabupaten Serang ingin mulai berkolaborasi dengan Bank Sampah untuk dapat mengoptimalisasi pasokan limbah kertas dari masyarakat untuk kemudian dapat dikelola sebagai satu proses sirkular ekonomi.

Hadir dalam kesempatan penandatangan tersebut Desty Eka Putri Sari (CEO Bank Sampah Digital), M. Arif Mahdali (Public Affairs Manager IKPP Serang), Dani K. Kusumah (Kepala CSR IKPP Serang), Syamsul Rijal (Public Affairs Supervisor IKPP Serang), Handoyo W.Purnawan, (Program & Partnership Expert APP Sinar Mas), dan Trisia Megawati K.D. (Head of Program & Partnership APP Sinar Mas). Penandatanganan tersebut disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang , Prauri beserta jajarannya.

“Sebelum-sebelumnya kami hanya membuka akses pada supplier besar saja untuk bisa masuk, namun kali ini kami ingin memberikan peluang dan kesempatan kepada  Bank Sampah Khususnya BSD untuk dapat meningkatkan kapasitas kelembagaannya melalui kemitraan langsung dengan kami. Hal ini sekaligus menjadi pionir di group kami yang dapat langsung bekerja sama dengan Bank sampah. “ Terang Syamsul Rijal.

tandatangani mou nota nota kesepahaman terkait pemenuhan bahan baku Kertas Daur Ulang (KDU)

Desty dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penciptaan nilai bersama atau Creating Shared value (CSV) diharapkan lebih  dari sekedar tanggung jawab melainkan sudah sampai pada tahap bagaimana sebuah kolaborasi dapat berdampak dengan berbagi nilai-nilai yang sama dalam memecahkan persoalan di masyarakat, khususnya bagaimana menciptakan pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan.

Artikel lainnya yang cukup menarik :
Inisiatif untuk Memecahkan Masalah Sampah Lokal (Indonesia)
Dampingi Nelayan Karangantu Serang Pilah Sampah
Sosialisasikan Hidup Bersih Sehat, BSD dan PT Pigeon Indonesia

Prauri sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Serang, Menyambut baik Kerjasama kolaboratif ini, “Saya turut senang IKPP dapat membuka akses bagi Bank Sampah khususnya Bank Sampah Induk BSD yang sudah turut membantu kerja-kerja kami di dalam menyelesaikan persoalan sampah di kab. Serang,” Prauri dalam wawancaranya menyampaikan 2023 nanti pihaknya akan turut membantu dan mengupayakan menganggarkan kebutuhan-kebutuhan bank sampah seperti karung pemilah, timbangan, dan buku tabungan sampah.

BSD memiliki 10 program unggulan, diantaranya adalah, pendirian bank sampah, rumah edukasi, sedekah sampah, lumbung pangan, BSD mart, wirawaste, Ozon, Pembayaran sppt-pbb dengan tabungan sampah, modal bergulir bebas riba bayar dengan sampah, dan berobat dengan tabungan sampah. BSD beralamat di Perumnas Ciracas Blok B bawah RT 03 RW 011 Ciracas, Kota Serang. Karena telah memiliki titik unit di 3 (tiga) wilayah maka BSD merupakan salah satu  Bank Sampah Induk yang ada di Provisi Banten.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *