PXL_20231113_030318775

Manfaatkan Lahan Pekarangan, Anggota Bank Sampah Siap Panen Sayur Mayur.

BANKSAMPAHDIGITAL.COM, Serang. – Pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Biasanya lahan pekarangan hanya dibiarkan kosong begitu saja, tanpa dimanfaatkan dengan baik. Padahal banyak potensi yang bisa dilakukan di lahan pekarangan sobat, lho.

Seperti yang dilakukan nasabah Bank Sampah Digitial di Puri Delta, menyulap lahan pekarangan yang menganggur menjadi Saung Bibit yang nantinya akan berisi tanaman sayur mayur. Dengan support dari BenihBaik.com, nasabah yang mayoritas ibu-ibu berantusias gotong royong dalam gerakan positif ini. Mulai dari mencampurkan pupuk kandang dengan sekam bakar hingga penyemaian bibit yang terdiri dari caisim, cabai keriting, cabai rawit, tomat, seledri, daun bawang dan bayam.

Eni Kuswanti (53), salah satu koordinator Bank Sampah Unit, menyampaikan antusiasnya dalam program ini, “Senang saya dapat ilmu berkebun ini, karena selama ini yang ngurusin tamanan bapaknya aja, saya jadi bisa belajar” Beliaupun menambahkan harapannya ditengah aktifitas penyemaian, “Semoga Saung Bibit ini akan menjadi lumbung pangan untuk nasabah khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.”

Padahal baru tahap penyemaian, tapi ibu-ibu semangat luar biasa. Ada yang bilang mau ngebakso pakai caisim hasil dari kegiatan ini.” ujar Yulia Ratna Sari Ayu, selaku mentor dal;am kegiatan ini, turut senang melihat antusias nasabah Bank Sampah. Ayupun mengimbuhkan bahwa, semoga Saung Bibit ini jadi langkah awal untuk penerapan tujuan SDGs poin 2 yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan.

Program ini merupakan rangkaian program yang dilakukan Bank Sampah Digital dengan support dari BenihBaik.com. Mulai dari pembentukan bank sampah, pelatihan pembuatan komposter dan eco-enzyme, pembuatan karya eco printing hingga pelatihan berkebun yang merupakan program berkesinambungan dan saling terkait dalam upaya pengurangan sampah hingga memanfaatkannya menjadi hal-hal yang berdaya guna dan ekonomis.

(Red: Adih)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *