IMG-20210306-WA0014

HPSN 2024, Bank Sampah Digital Konsisten Edukasi 3R di Hulu.

BANKSAMPAHDIGITAL.COM, SERANG.  –  Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati tanggal 21 Februari setiap tahunnya. HPSN tahun 2024 ini, bertajuk “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Permasalahan sampah plastik ini menjadi masalah yang terus menghantui lingkungan baik secara regional, nasional bahkan internasional dan perlu penganganan serius untuk menyelesaikannya.

Dinyatakan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) atau Program Lingkungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), jumlah polusi plastik yang masuk ke ekosistem akuatik sekitar 9-14 juta ton pada 2016 dan berpotensi menjadi 23-27 juta ton pada 2040 apabila tidak ada upaya untuk mencegah polusi plastik tersebut.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan International Legally Binding Instrument (ILBI) atau Hukum Internasional tentang Polusi Plastik, HPSN 2024 menjadi langkah awal Indonesia dalam penyusunan hukum tersebut juga melaksanakan komitmen Zero Waste Zero Emission 2050.

Ditingkat hulu, Bank Sampah Digital mengupayakan lebih dari 4000 masyarakat dampingan agar dapat menekan penggunaan plastik sekali pakai pada aktivitas harian mereka. Pada pelaksaannya, pengaplikasian konsep Zero Waste di masyarakat akan mengalami banyak tantangan, namun edukasi yang dilakukan secara konsisten harapannya dapat memberikan dampak positif kedepan demi mengupayakan konsep yang diusung ini.

Anak PAUD mengunjungi Bank Sampah Digital untuk mulai belajar Memilah Sampah
Anak PAUD mengunjungi Bank Sampah Digital untuk mulai belajar Memilah Sampah

Penyadaran untuk meminimalisir polusi plastik pun perlu terus digaungkan sejak usia dini demi kelestarian bumi tempat mereka bertumbuh. Anak-anak usia dini dan generasi muda mendapatkan edukasi baik di masyarakat maupun sekolah agar dapat mengelola sampah secara baik dimulai dari lingkungan sekitar, khususnya untuk mengatasi sampah plastik.

Dengan membungkus kegiatan dengan kreatif dan inovatif, Bank Sampah Digital optimis anak usia dini dan generasi muda mampu menyadari betapa pentingnya meminimalisir penggunaan plastik dan dampak negatif yang terjadi dimasa mendatang.

Red: Adih

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *