BSD - Menebar Manfaat 4

Menuju hari jadi ke 4 tahun, Bank Sampah Digital optimis lebih bermakna dan menebar manfaat lebih luas.

BANKSAMPAHDIGITAL.COM, SERANG.  –  Bank Sampah Digital (BSD) merupakan lembaga independen pengelola sampah kering berbasis masyarakat dengan platform digital. Masyarakat diajak untuk memilah sampah dari rumah sesuai dengan kategorinya yang nantinya dapat ditukar menjadi nilai rupiah.

Sejak terbentuk 2020 silam, Bank Sampah Digital langsung dihadapkan dengan Pandemi Covid-19. BSD mengajak masyarakat lebih berdaya dan aktif memilah sampah dalam upaya peningkatan ekenomi disaat kondisi yang tidak normal.

Diawal dengan 9 titik bank sampah unit di Kota Serang, BSD mulai menyebarkan praktik baik di masyarakat. Selain mendapati lingkungan tinggalnya bersih, masyarakatpun mendapatkan pemasukan tambahan juga aktifitas yang positif. Hingga 2021, BSD mulai melebarkan sayap ke Kota Cilegon dan Kabupaten Serang hingga bank sampah unit mencapai 100 titik.

 

Aktivitas Penimbangan dititik Bank Sampah Unit Masyarakat
Aktivitas Penimbangan dititik Bank Sampah Unit Masyarakat


BSD pun mulai bekerjasama dengan pemerintah dan sektor swasta untuk langkah kolaboratif. Berdasarkan SDG’s poin ke-17, kerjasama multipihak menjadi penting karena merupakan strategi percepatan untuk pemecahan masalah yang ada, khususnya di masyarakat.

Tahun 2022 menjadi titik konsisten dan komitmen BSD dalam mendampingi masyarakat yang baru pulih dari masa-masa lockdown Covid-19 untuk membantu menangani persolaan sampah di lingkungannya. Melihat kebermanfaatan yang diperoleh oleh anggota bank sampah, menjadi daya tarik masyarakat, sekolah, komunitas hingga kafe untuk ikut bergabung dalam praktik baik ini.

Desty Eka Putri Sari (CEO Bank Sampah Digital) menerima Penghargaan dari Menteri LHK RI beserta jajarannya
Desty Eka Putri Sari (CEO Bank Sampah Digital) menerima Penghargaan dari Menteri LHK RI beserta jajarannya.


Kesempatan melebarkan praktik baik secara regional maupun nasional muncul di tahun 2023, selepas BSD mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai Bank Sampah Induk Terbaik. Hal ini menjadi penyemangat untuk menyebarkan kebermanfaatan lebih bermakna dan lebih luas.

Ditahun ke 4, BSD telah mendampingi lebih dari 200 titik bank sampah unit dan lebih dari 4000 anggota, mulai dari lingkungan masyarakat, sekolah, komunitas, kafe, lembaga pemerintah hingga swasta. Nilai makna dan manfaat harus terus menjadi poin penting dalam setiap pergerakan Bank Sampah Digital.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *