SMKN 4

Resolusi Sekolah Sehat dan Asri, SMKN 4 Kota Serang ajak Kolaborasi Bank Sampah Digital.

BANKSAMPAHDIGITAL.COM, Serang – Sekolah merupakan suatu sistem sosial yang dibatasi oleh sekumpulan elemen kegiatan yang berinteraksi dan membentuk suatu kesatuan sosial yang bersifat aktif kreatif untuk mewujudkan visi misi yakni dapat bermanfaat bagi lingkungan dalam hal ini adalah orang-orang yang terdidik.

Seperti yang dilakukan SMKN 4 Kota Serang, agar terciptanya sekolah yang bebas dari sampah, bersih, sehat dan asri, Ratna Fauziah (39) bersama rekan-rekan berinisiasi untuk menjalin kerjasama dengan  Bank Sampah Digital demi mencapai tujuan tersebut.

Kunjungan yang dilakukan ke Kantor Bank Sampah Digital di Perumnas Ciracas, Serang, bersama 4 tenaga pengajar dan 4 orang siswa/i tersebut membahas bagaimana sampah yang dihasilkan oleh SMKN 4 Kota Serang dapat dialokasikan dan dikelola dengan baik agar dapat berdaya guna dan terciptanya lingkungan sekolah yang bersih.

“Semoga dengan inisiasi yang baik ini, dapat mengedukasi warga sekolah tentang tata kelola sampah, pilah pilih sampah, dan bagaimana pengolahan serta pemanfaatannya,” ujar Ratna sebagai salah satu inisiator dan tenaga pengajar di SMKN 4 Kota Serang “juga agar sampahnya dapat didistribusikan ke tangan yang tepat.” imbuhnya.

Wulan Mutiara Sari (15) sebagai salah satu siswi yang mengikuti kunjungan, mengatakan bahwa sebagai generasi muda harus sadar betapa pentingnya pengelolaan sampah hal ini dimaksudkan agar aktivitas keseharian kita dapat dilakukan dengan nyaman. Wulan pun menambahkan perlu adanya gebrakan yang dapat memancing generasi muda untuk aktif memilah sampah atau mulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya hingga mulai menyortir sampah sesuai jenisnya.

Disela kunjungan, Anwar (23) selaku selaku Pendamping Bank Sampah, mengajak untuk terus mengaungkan gerakan positif ini. Karena masalah-masalah yang ada di hilir seperti TPA (empat Pembuangan Akhir) yang membludak, banjir karena saluran air mampet, bau menyengat di TPS (Tempat Pembuangan Sementara) bahkan sampah menggunung di pinggir jalan, tidak akan berakhir jika sampah dihulu tidak di kelola dengan baik. “BSD terus mengajak semua elemen, kepala keluarga, RT, RW, Sekolah, Instansi Pemerintah hingga Perusahaan untuk terhadap lingkungan, karena Bumi kita cuma satu, maka mulailah dari dirikita.” tambahnya. (Red: Adih)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *